Jalan-jalan ke Markas RnD Ericsson

Hari Kamis, 6 Desember 2007, saya dan seorang teman dari HAN berangkat ke Rijen, sebuah kota kecil di sebelah selatan Belanda.

Meski hujan deras dan suhu udara cukup dingin .. kami tetap berangkat. Setelah sampai di stasiun Rijen, kami melanjutkan dengan berjalan kaki ke Ericssonstraat, markas Ericsson di Belanda.

Acara disana cukup rame, ada banyak mahasiswa belanda yang datang. Dan juga ada beberapa anak Indonesia dari Delft, Eindhoven, dan Amsterdam. Wah … saya bangga juga kalo ternyata anak Indonesia banyak yang tertarik. Dan dari cerita salah seorang teman Indonesia dari Amsterdam, dia punya teman orang Indonesia yang bekerja di RnD Ericsson di Rijen. Wow .. jadi pengen juga ..🙂

Singkat cerita, kami dibagi dalam 2 kelompok karena pesertanya cukup banyak. Ada sekitar 100 orang kira-kira. Acaranya berupa presentasi dari beberapa Manager Ericsson tentang perkembangan telecommunication ke depan. Intinya .. seperti yang mungkin sudah dibenak anda, tentang komunikasi berbasis IP (all ip connection). Dan yang menarik adalah, di Rijen inilah Ericsson membangun platform IMS … tapi sayangnya kami tidak diijinkan untuk masuk ke ruangan RnD.

Dalam acara ini juga, kami diajak untuk melihat dan mencoba beberapa prototype produk Ericsson yang akan segera di launch atau mungkin sudah dipakai di beberapa negara.

Beberapa produk itu seperti :

1. Me on TV. Produk ini sepertinya akan booming dimasa mendatang, khususnya untuk perusahaan atau lembaga yang bergerak di bidang penyiaran. Dengan platform ini, setiap orang yang dibekali handphone dan koneksi 3G atau broadband lainnya, dapat melakukan broadcast dalam suatu jaringan, misalnya MetroTV. Jadi wartawan metroTV tidak perlu lagi koneksi satelit dan perangkat penyiaran yang rumit, cukup dengan satu Handphone untuk tiap wartwan, maka berita akan dapat disiarkan secara langsung.

2. Chat 2D,mirip dengan YahooMessanger, tetapi disini ada sebuah ruangan 2-dimensi seperti denah rumah dimana orang2 yang ada dalam ruangan dapat berbicara satu dengan yang lain. Sepertinya menarik.

3. IMS dan Softswitch

—-

Dari beberapa presentasi yang kami ikuti, tampak terlihat bahwa Ericsson sangat focus ke pengembangan sofware untuk IMS. Dan dari beberapa lowongan untuk internship, tampak terlihat bahwa mereka lagi bekerja keras untuk segera meluncurkan produk terbaru.

Foto2 :

1. Chat 2D

chat 2D

2. Di depan lobby Ericsson RnD, Rijen, Netherlands bareng anak-anak MSc Student dari Delft

ercisson rijen