Toraja Culinaire .. Tollo Lendong

Dulu waktu saya masih SD/SMP, waktu yang paling dinanti adalah hari pasar.

Pada hari itu hampir semua orang akan pergi ke pasar untuk membeli berbagai kebutuhan seperti beras, ikan kering, tomat, cabe, sayuran, baju .. dan barang-barang lainnya.

Yang menarik dari Pasar Makale, suatu pasar di Kota Makale Tana Toraja, adalah  bahwa pada setiap hari pasar ada sekumpulan ibu-ibu dari desa yang datang ke pasar, khusus untuk menjual makanan khas Toraja, seperti : tollo lendong, pangi, bale bulawan ditollo’ pamarrasan, dan lain lain.

Jika anda sempat ke Toraja maka sempatkanlah untuk mampir ke pasar dan mencoba masakan khas Toraja tersebut. Dijamin lidah anda akan bergoyang … hehehehe

3 responses to “Toraja Culinaire .. Tollo Lendong

  1. Tabe’ lako sang torayaan,

    makanan seperti itu perlu dilestarikan dan diolah lebih enak sehingga pengunjung dari negara manapun mau mencoba dan menyenanginya, ok . . . .

  2. Saya bukan orang Toraja, tetapai saya sangat merindukan masakannya…seperti Pa’piong,ikan mas pa’marassan…..dll…..uniknya bumbunya sederhana….tetapi rasanya…fantastis sekali….boleh anda coba…………..

  3. aqu ada tugas nie,,, aq juga org toraja tapi berhubng aq lahir n besar bukan di toraja jadi ngk terlalu tau banyak seluk beluk makanan khas dari sana. aqu pengen dibantu donk info tentang pola makan termasuk makanan khas toraja (gimana cara masaknya, bahannya, makanan itu disajikan pada waktu apa aja, dll)kalo bisa info lgkapnya.,, maksih banyak ya atas bantuannya,,,,gbu

Comments are closed.