Sastra Toraja

Setelah beberapa kali berkutat dengan internet dan berkunjung ke perpustakaan lokal, akhirnya saya mendapat beberapa buku tentang sastra toraja. Salah satunya adalah buku ini :

Dalam buku ini ada cerita lengkap tentang Landorundun. Sayangnya buku ini hanya ada dalam bahasa Belanda. Sebanrnya masih ada bebera karya sastra toraja yang lain dan itu ada di beberapa perpustakaan Gemeente.

Cerita tentang Landorundun dan Bendurana dulu sangat dikenal oleh anak-anak di Tana Toraja. Tapi saat ini sepertinya sastra Lokal Tana Toraja sudah tidak begitu diperhatikan lagi baik oleh Pemerintah daerah maupun dinas pendidikan setempat dan juga masyarakat adat toraja.

Orang Toraja lebih memilih sibuk menyambut SBY yang datang ke Toraja daripada membangun budaya toraja itu sendiri. Inilah salah satu dari 7 krisis orang toraja di permulaan abad ke 21

Salah satu penggalan kisah “Landorundun dan Bendurana” dalam buku ini dapat dilihat pada gambar berikut :

7 responses to “Sastra Toraja

  1. Pingback: Sastra Toraja : Landorundun dan Bendurana « Sangmane·

  2. gimana cara tuk ikut milis toraja. Trus aku lg ngumpulin artikel2, atau buku2 apapun tentang Toraja, semacam kliping tuk koleksi pribadi aja tapi suatu ketika akan berguna. Tolong kalau ada data dikirim kan ya, atau info bisa dapat di mana gitu tq.

Comments are closed.