Mempersiapkan masa depan Toraja

Jika anda ditanya kira2 seperti apa Toraja dalam 20 tahun kedepan?

Mungkin banyak diantara kita yang tidak bisa menjawab atau mungkin saat ini masih bingung dengan diri sendiri.

Sebentar lagi kita akan masuk ke tahun 2009, tahun yg mungkin akan terasa berat bagi sebagian besar orang di muka bumi dan juga orang Indonesia, termasuk orang Toraja.

Meskipun demikian, tidaklah berarti bahwa kita akan tinggal diam. Kita harus melakukan sesuatu untuk menciptakan masa depan Toraja yg lebih baik. Masa depan yang terlepas dari pemerintah, terlepas dari system yang ada.

Saat ini dunia sudah masuk dalam Globalisasi veri 3.0 dimana persaingan terjadi pada level individu. Batas batas negara, batas-batas ras, agama dan sebagainya tidak lagi relevan.

Jika anda memiliki kualitas yang baik maka anda akan menjadi pemenang. Jadi sekarang intinya adalah bagaimana membuat generasi muda Toraja menjadi generasi muda yang berkualitas. Bukan kualitas nasional tapi kualitas yang bisa bersaing di level International.

Kebangkitan baru sudah dimulai, sudah banyak anak muda Toraja yang bersekolah di luar negeri seperti Australia, Eropa, dan Amerika. Bahkan ada yan sudah mejadi ketua PPI UK di Inggris sana. Ini berarti jalan sudah terbuka, hanya perlu didorong supaya semakin banyak yang bersekolah ke luar negeri.

Jangan sekali-kali terpaku dengan keadaan di Indonesia, meskipun banyak himpitan dari Pemerintah, diskriminasi agama, dan sebagainya. Kita harus menciptakan pertarungan baru. Pertarungan di level knowledge. Jika kita minoritas maka kita akan bisa maju jika kita punya knowledg.

Jadi sekarang, jika andak punya anak, jangan biarkan dia terlantar. Sekolahkan sampai setinggi-tingginya. Dorong terus dengan semangat kebersamaan sebagai orang Toraja untuk bersama-sama dengan rekan-rekannya menciptakan orang-orang Toraja yang diakui di level international.

Hanya dengan ini maka kita bisa keluar dari keadaan keterkungkunagn dan penindasan yang kita alami di negara kita sendiri.

Jangan terlalu banyak berharap pada pilkada, jangan terlalu banyak berharap untuk menjadi PNS atau ABRI atau POLISI.

Didiklah anak anda dan anda sendiri untuk menjadi diri sendiri. Seorang yang berkualitas !!!!

One response to “Mempersiapkan masa depan Toraja

  1. Apresiasi !!!..untuk penulis tersebut diatas dengan judul “Mempersiapkan masa depan Toraja” …
    saya sangat setuju dengan pemikiran anda ….
    Himbauan kepada masyarakat Toraja mari kita laksanakan ….

    Salam,

    Drs.Christian R.Tappi Tandiayu

Comments are closed.