Tana Toraja … negeri di awan ..

Tana Toraja adalah suatu kabupaten di bagian tengah pulau Sulawesi.  Kabutaten ini secara administratif masuk sebagai bagian dari Propinsi Sulawesi Selatan, sementara itu saat ini sedang bergulir issu untuk bergabung dengan Sulawesi Barat.

toraja

Tana Toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang masih sangat kental. Adat istiadat ini banyak dipengaruhi oleh kepercayaan orang Toraja pada jaman dulu yang disebut Aluk. Aluk merupakan kepercayaan sejenis animisme. Salah satu adat yang masih dipegang teguh adalah upacara pemakaman (maq tomate). Dalam ritual ini, biasanya pihak keluarga akan menyedikan beberapa sampai pulihan ekor kerbau yang akan dikorbankan dalam upacara ini. Kerbau ini biasanya dipotong kemudian dimasak untuk dimakan bersama dan sisanya dibagikan kepada kerabat yang datang untuk melayat.

Pada awal abad ke 20,  misi Zending dari Belanda datang ke Toraja untuk menyebarkan agama Kristen. Awalnya masyarakat Toraja yang menganut animisme sangat menentang misi ini, sampai pada akhirnya salah satu pemimpin misi yaitu Anton van de Loosdrecht dibunuh di Toraja. Namun sejak itu, agama Kristen menyebar dengan sangat pesat di Tana Toraja.  Sampai saat ini, lebih dari 95% masyakarat Toraja masih memegang teguh ajaran Kristen.

Saat ini sebagaian besar masyarakat Toraja hidup sebagai petani. Namun karena lahan pertanian sangat terbatas dan teknologi yang digunakan masih sederhana, maka hanya sebagian kecil waktu yang digunakan untuk bertani. Dan hasilnya pun sangat sedikit.  Namun tidak berarti bahwa masyarakat Toraja hidup dibawah garis kemiskinan.🙂

Secara geografis, Tana Toraja merupakan daerah yang berbukit-bukit dan bergunung-gunung. Sehingga akses dari suatu tempat ke tempat lain menjadi cukup sulit. Dan bahkan sampai saat ini ada beberapa daerah yang belum bisa dijangkau dengan mobil.

More about Tana Toraja : http://www.torajaland.com

4 responses to “Tana Toraja … negeri di awan ..

  1. Toraja emang indah, sy bangga jd to toraya sangmane !!!!!!!! artikelnya bagus tp foto dokumentasinya tambah lagi donk.

  2. Tondokku tondok TORAYA. Sy bangga jd org INDONESIA khususnya suku bangsa Tana para raja atau TANA TORAJA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s